Digital Marketing

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template (Organik & Google Ads)

Sumber: Google

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template Untuk Media Organik & Google Ads dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder —– Hi temen – temen digital marketers. Kali ini akan di – sharing – kan bagaimana cara membuat UTM link parameter tracking template yang bisa kamu gunakan untuk merekam data visitor dari SEO (Search Engine Optimization) organik maupun dari media berbayar iklan google ads. Untuk apa, sih fungsinya? Yaitu untuk men – track dari mana saja visitor kamu berasal. Nantinya data ini akan terekam secara lebih lengkap di google analytics.

Kamu bisa melihat cara melihat sumber visitor website pada artikel berikut ini (silakan di klik) —-> Cara Melihat Sumber Traffic Website di Google Analytics

Sudah baca artikel tersebut? Nah, kira – kira begitulah fungsinya. UTM Parameter / UTM Link bisa membuat google analytics merekam sumber traffic website kamu dengan lebih jelas dan lebih lengkap lagi.

Bagaimana Cara Membuat UTM Parameter dengan UTM Campaign Builder?

Nah, sekarang ayo kita bahas tutorial bagaimana cara membuat UTM link yang bisa kamu gunakan untuk google ads dan organik. Kita bahas untuk yang google ads dulu ya.

1. Kamu bisa pergi ke Google (www.google.com) dan lakukan pencarian “UTM Campaign Builder). Kamu akan menemukan banyak tools UTM Campaign Builder, salah satunya adalah ga-dev-tools.appspot.com/campaign-url-builder (yang paling atas [nomor satu] di hasil pencarian). Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan tools tersebut

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

2. Atau, kamu bisa langsung mengunjungi nya di laman : ga-dev-tools.appspot.com/campaign-url-builder

3. Log – in lah ke account google ads kamu di : ads.google.com

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

4. Pilih lah campaign pada iklan google ads mu yang ingin kamu lacak visitor nya nanti dengan UTM link sebagai tracking template nya

(*Jika kamu belum pernah membuat iklan google ads, kamu dapat belajar bagaimana cara membuat google ads di artikel berikut ini [silakan di klik] —> “Cara Membuat Google Ads dan Bagaimana Meng – Optimasinya”)

Nah, pilih campaign nya

5. Edit lah ads mu (campaign mu)

6. Saat meng – edit ads mu, scroll ke bagian bawah pada bagian add “DESCRIPTION”. Di bawahnya ada “AD URL OPTIONS” dan click lah bagian tersebut

7. Kemudian, kembali ke tools UTM Campaign Builder ga-dev-tools.appspot.com/campaign-url-builder yang telah kamu kunjungi tadi. Isi form yang tersedia sesuai kebutuhan tracking kamu. Di kolom pertama, kamu bisa mengisi nya dengan URL website kamu

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

8. Di bagian kedua ini, kamu bisa mengisi bagian “CAMPAIGN SOURCE” dengan dari mana sumber campaign mu berasal, misalnya dari Google

9. Di bagian “CAMPAIGN MEDIUM”, kamu bisa mengisi nya dengan media campaign mu, misalnya melalui media gratis atau iklan google ads / CPC yang berbayar. Sebagai contoh, karena ini ingin men – track google as, bisa memasukkan : ads-CPC (terserah kamu ingin menulis apa)

10. Di bagian CAMPAIGN NAME ini, beri lah nama campaign yang sedang kamu jalankan. Misalnya jika membuat ads yang meng – campaign – kan kursus digital marketing, bisa tulis dengan : belajardigitalmarketing atau semacamnya

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

11. Masih ada 2 kolom lagi, yaitu CAMPAIGN TERM dan CAMPAIGN CONTENT. Ini bisa kamu isi sebagai keterangan tambahan sebagai term dan content dari campaign mu. Tapi jika kamu tidak mengisi – nya juga tidak apa – apa, kolom CAMPAIGN TERM dan CAMPAIGN CONTENT ini juga bukan kolom yang wajib untuk di isi, dimana kolom – kolom sebelumnya (WEBSITE URL, CAMPAIGN SOURCE, CAMPAIGN MEDIUM, dan CAMPAIGN NAME) adalah kolom – kolom yang wajib di isi

12. Link dari UTM Campaign mu akan segera tersusun

13. Saat link nya sudah tersusun, akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. Lalu, click “COPY URL” untuk meng – copy link tracking mu tersebut. *LINK INI JUGA BISA KAMU GUNAKAN UNTUK TRACKING CAMPAIGN SECARA ORGANIK YA, KAMU BISA LANGSUNG MENG – COPY NYA KE BUTTON, LINK, ATAU HALAMAN PADA WEBSITE MU JIKA KAMU INGIN MELAKUKAN TRACKING CAMPAIGN ORGANIK PADA SUATU KOMPONEN / PRODUCT YANG ADA DI WEBSITE KAMU*

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

Lalu karena ini akan digunakan untuk tracking campaign iklan google ads yang merupakan paid media (media berbayar), maka kembali lah ke laman google ads mu.

14. Kembali lah ke google ads mu (yang bagian editing tadi), lalu paste lah link barusan ke “TRACKING TEMPLATE” di bawah “AD URL OPTIONS”

15. Sebelum memasang nya, kamu perlu memastikan apakah link yang kamu pasang sudah benar atau belum. Caranya, click “TEST” di bagian bawah. Lalu kamu akan ditujukan ke page “TEST TRACKING SET – UP” (ada di poin selanjutnya)

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

16. Setelah itu, akan tertampil “test tracking set – up” (parallel tracking) kamu yang terdiri dari LANDING PAGE dan TRACKING CALL (di bagian kanan yang ada checklist hijau). Pastikan semuanya sudah ada tanda checklist hijau. Ini artinya, kode link UTM parameter kamu untuk tracking sudah benar. Jika masih ada tanda silang merah, artinya masih ada yang salah. Maka dari itu, pastikan semuanya sudah checklist hijau seperti gambar di bawah ini ya

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

Terkadang, terjadi juga tanda silang merah yang muncul (tidak checklist hijau semua). Mengapa hal itu kadang bisa terjadi? Terkadang, hal itu bisa terjadi karena ketidak sesuai – an URL website pada google ads dan pada tools UTM campaign builder. Maksudnya begini:

  • Jika kamu di google ads menulis final URL landing page nya www.tk-digital.id, maka di tools UTM Campaign Link Builder nya, kamu juga harus menulis website URL nya www.tk-digital.id (keduanya harus sama)
  • Jika kamu di google ads menulis final URL landing page nya https://www.tk-digital.id/, maka di tools UTM Campaign Link Builder nya, kamu juga harus menulis website URL nya https://www.tk-digital.id/ (keduanya harus sama)
Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

Jadi, pastikan link di kedua nya sama ya (baik di google ads maupun di tools UTM campaign link builder nya) agar tidak terjadi error. Karena jika beda, akan terjadi error.

17. Jika sudah checklist hijau semua, kamu bisa click di bagian CLOSE

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

18. Setelah itu, kamu bisa click di bagian SAVE AD

Cara Membuat UTM Link Parameter Tracking Template dengan UTM Parameter Menggunakan UTM Campaign Builder

Itulah Bagaimana Membuat UTM Parameter yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Campaign Organik Maupun Ads (Paid Media / Berbayar)

Nah, setelah kamu memasang tracking template nya, kamu bisa membaca rekaman / report nya di Google Analytics. Kamu bisa melihat report visitor website nya dengan keseluruhan, atau bahkan setiap page (per – page) satu – satu juga bisa. Kamu bisa pelajari cara nya di artikel berikut ini (silakan klik):

  1. Cara Melihat Sumber Traffic di Website

2. Cara Melihat Sumber Traffic Setiap Page di Website (Per – Page)

Nah, itu dia caranya. Jika kamu ingin belajar dari video, kamu bisa menontonnya pada video berikut.

VIDEO: Cara Memasang UTM Link – URL Parameter Tracking Template (Google Ads & Bisa Untuk Organik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *