Digital Marketing

Cara Menghubungkan Google Analytics ke Google Ads & Manfaatnya

Google, analytics, logo Gratis Ikon dari Vector Logo
Google Analytics
Google Kenakan PPN 10% untuk Pemasang Google Ads di Indonesia
Google Ads

Menghubungkan Google Analytics ke Google Ads (Adwords) dan Apa Manfaatnya Bagi Analisa Digital Marketing mu —– Bagi temen – temen digital marketers yang biasa menggunakan Google Ads sebagai media pemasaran digital iklan berbayar mereka, juga Google Analytics sebagai alat (tools) analisis traffic / visitor toko online di website mereka, pastilah penting untuk menghubungkan google analytics ke google ads (google adwords). Tujuanya adalah, agar data – data dari google ads juga terekam secara lebih lengkap di google analytics. Sehingga, data – data yang direkam oleh google analytics pun menjadi lebih detail. Nah, bagaimana cara menghubungkan google analytics ke google ads (adwords)? Nah, simak dalam artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Menghubungkan Google Analytics ke Google Adwords?

Nah, sekarang akan di – share – kan bagaimana caranya.

1. Pertama – tama, log in terlebih dahulu ke account google analytics mu di analytics.google.com

Menghubungkan Google Analytics ke Google Ads

2. Setelah log – in dan ada di tampilan “HOME”, sekarang klik di bagian “ADMIN”

Menghubungkan Google Analytics ke Google Ads

3. Setelah itu, focus lah pada bagian “PROPERTY”

4. Di bagian PRODUCT LINKING, pilih lah “GOOGLE ADS LINKING”

5. Sekarang, pergi lah ke laman google adwords mu. Log – in ke account google ads mu di ads.google.com. Setelah itu, pilih account google ads yang ingin kamu hubungkan ke google analytics. Misalnya seperti ini

Menghubungkan Google Analytics ke Google Ads

6. Sekarang, kembali ke account google analytics mu dan pilih account google ads yang telah kamu tentukan tadi

7. Setelah itu, klik lah pada bagian “CONTINUE”

8. Berilah nama sesuai dengan apa yang kamu inginkan

9. “ON”-kan bagian ini untuk menghubungkan semua data website secara keseluruhan

10. Kemudian, klik di bagian “LINK ACCOUNTS”

11. Setelah itu, akan tertampil tampilan yang berisi manfaat – manfaat jika kamu menghubungkan google analytics ke google adwords. Manfaat – manfaat tersebut bisa kamu baca pada tampilan di bawah ini

12. Setelah kamu memahaminya, kamu bisa klik “DONE”

menghubungkan google analytics ke google adwords

13. Nah, sekarang google analytics mu pun sudah terhubung ke google ads

Butuh Kira – Kira Sampai 24 Jam Bagi Google Analytics Untuk Mulai Merekam dan Menampilkan Data dari Google Ads

Jika data dari google ads tidak langsung ada di google analytics, maka sabar lah. Butuh waktu kira – kira up to 24 jam bagi google analytics untuk mulai merekam dan menampilkan data dari google ads. Kamu hanya perlu menunggunya.

Manfaat Menghubungkan Kedua Tools Tersebut

Apa saja sih manfaat menghubungkan google analytics ke account google ads mu? Inilah manfaat – manfaat bagi eksekusi digital marketing mu saat melakukan analisa.

1. Kamu bisa melihat metrics Analytics engagement di Google Ads

Kamu bisa menambahkan (enable) kolom (column) baru di Google Ads untuk menampilkan metrik Analytics penting seperti Bounce Rate dan Avg. Session Duration tepat di samping data performa Google Ads.

Insight mengenai post – click ini memberi mu point of view lain mengenai keefektifan campaign dan ad group mu, yang dapat membantu kamu menganalisa dan membuat keputusan dengan lebih detail terkait dengan budget, bidding, landing page, dan ad copy.

2. Meng – import goals dan transaksi e-commerce ke Google Ads

Kamu bisa dengan mudah meng – import goals dari Analytics dan transaksi e-commerce mu ke Google Ads, hal ini akan menghasilkan data yang lebih lengkap sehingga kamu bisa membuat analisa yang lebih akurat pada campaign mu tanpa keluar dari account Google Ads.

Jika kamu menggunakan Google Ads Conversion Optimizer untuk mengatur bid, ini akan mulai menggunakan goals Analytics dan transaksi e-commerce secara otomatis setelah kamu mengimport – nya ke Google Ads.

3. Membuat Audience Remarketing Pada Analytics

Remarketing dengan Google Analytics memungkinkan kamu menyegmentasikan audiens kamu dari user website mu dan menampilkan iklan yang relevan untuk campaign Google Display Network mu berdasarkan apa yang telah dilakukan user di website mu sebelumnya.

Kamu bisa memanfaatkan data Analytics untuk mengidentifikasi minat – minat para user tersebut (misalnya page website / page produk mana yang mereka kunjungi) dan bangun audiens yang berfokus pada user dengan karakteristik tersebut.

Nah, itulah artikel mengenai google analytics dan google ads – cara menghubungkan dan manfaat-manfaat nya jika kamu saling mengkoneksikan keduanya. Jika kamu ingin juga belajar melalui video, kamu bisa menontonnya pada video di bawah ini:

VIDEO: Cara Menghubungkan Google Analytics ke Google Ads

READ MORE :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *