Digital Marketing

Cara Melihat Sumber Traffic Website di Google Analytics

Cara Melihat Sumber Traffic Website di Google Analytics

Cara Melihat Sumber Traffic Website di Google Analytics Untuk Menganalisa Sumber – Sumber Visitor Website Kamu — Hi temen – temen digital marketers, buat kalian yang sedang belajar analisis website / belajar google analytics, akan di share hal dasar di artikel kali ini nih, yaitu “Cara Melihat Sumber Traffic Website di Google Analytics”. Yuk, ketahui caranya.

Mengecheck Sumber Traffic di Website

  1. Pertama, log – in ke google analytics di : analytics.google.com. Jika kamu belum memiliki google analytics, kamu bisa memasangnya ke website mu terlebih dahulu. Kamu bisa mempelajari cara memasang google analytics di website pada link berikut ini : “Cara Memasang Google Analytics ke Website (Contoh Berbasis WordPress)”
    Kalau sudah log – in ke google analytics, akan tertampil seperti ini :
Mengecheck Sumber Traffic di Website

2. Lalu, kamu klik ke bagian “ACQUISITION”. Akan tertampil data – data sumber visitor di website kamu

Mengecheck Sumber Traffic di Website

3. Pertama – tama, kamu bisa ke bagian “ALL TRAFFIC”

4. Lalu, kamu klik ke bagian “CHANNELS”. Di bagian “CHANNELS” ini, bisa terlihat sumber – sumber visitor yang mengunjungi website kita itu ada dari mana saja.

  • Di bagian 1, ada ORGANIC SEARCH : yaitu visitor – visitor yang mengunjungi website kita melalui pencarian organik di search engine / google
  • Di bagian 2, ada OTHER : dari sumber lain – lain
  • Di bagian 3, ada sumber DIRECT : yaitu visitor – visitor yang langsung mengunjungi website kita (langsung mengunjungi nama domain website kita)
  • Di bagian 4, ada SOCIAL
  • Di bagian 5, ada REFERRAL : berasal dari rujukan / media lain

5. Lalu untuk tahap selanjutnya, kamu bisa klik ke bagian “SOURCE / MEDIUM”. Di bagian ini, kamu bisa melihat melalui media apa saja website kita dikunjungi oleh visitor. Beberapa contoh medianya bisa kamu lihat pada tampilan dibawah ini.

Cara Melihat Sumber Traffic Website

6. Lalu, kamu juga bisa klik di bagian “REFERRALS”, dimana kita bisa melihat platform – platform apa saja yang mendatangkan visitor buat website kita.

Itulah cara melihat sumber traffic website mu menggunakan Google Analytics. Jadi nanti kita bisa tahu nih, media / platform – platform apa saja yang mendatangkan banyak visitor buat kamu. Website kamu itu visitor nya paling banyak melalui media apa. Dan kamu bisa menge – check nya melalui Google Analytics ini. Jika kamu ingin juga belajar melalui video, kamu bisa menontonnya pada video di bawah ini:

VIDEO: Cara Cek Visitor Website Datangnya dari Mana Saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *