Digital Marketing

Cara Mengecheck Sumber Traffic Setiap Page di Website

Cara Mengecheck Sumber Visitor Per-Page di Website

Cara Mengecheck Sumber Traffic Setiap Page di Website —– Hi temen – temen digital marketers, buat kalian yang sedang belajar analisis website / belajar google analytics, akan di share hal dasar di artikel kali ini nih, yaitu “Cara Mengecheck Sumber Traffic Setiap Page di Website”. Caranya yaitu dengan google analytics. Yuk, ketahui caranya.

Mengecheck Sumber Visitor Per-Page di Website

  1. Pertama, log – in ke google analytics di : analytics.google.com. Jika kamu belum memiliki google analytics, kamu bisa memasangnya ke website mu terlebih dahulu. Kamu bisa mempelajari cara memasang google analytics di website pada link berikut ini : “Cara Memasang Google Analytics ke Website (Contoh Berbasis WordPress)”
    Kalau sudah log – in ke google analytics, akan tertampil seperti ini :
Mengecheck Sumber Visitor Per-Page di Website

2. Kemudian, klik pada bagian “BEHAVIOR”

Mengecheck Sumber Visitor Per-Page di Website

3. Kemudian setelah itu, klik di bagian “SITE CONTENT”

Cara Mengecheck Sumber Traffic Website

4. Untuk melihat keseluruhan page, kamu bisa klik pada bagian “ALL PAGES”

Cara Mengecheck Sumber Traffic Website

5. Jika kamu ingin men-track jumlah traffic secara lebih detail, kamu bisa ke bagian “LANDING PAGE”

Cara Mengecheck Sumber Traffic Website

6. Di bagian SEARCH, kamu bisa cari landing page yang ingin kamu track sumber – sumber visitor / traffic nya. Misalnya, kamu ingin men – track landing page dengan konten yang membahas khusus google ads. Kamu bisa cari di kolom search ini

Cara Mengecheck Sumber Traffic Setiap Page di Website

Kemudian, tekan ENTER

7. Nah jika kamu ingin men – track sumber traffic pada website mu, kamu bisa klik pada bagian “SECONDARY DIMENSION”

8. Di bagian ini (di bagian yang di beri tanda panah merah), ketik “SOURCE”

9. Setelah itu, klik di bagian Commonly Used —> bagian “SOURCE / MEDIUM”

10. Tunggu terlebih dahulu, google analytics akan menampilkan datanya

11. Ini lah tampilan data nya

Ini adalah landing page – landing page yang bisa kamu track visitor / traffic nya

12. Kemudian di bagian “SOURCE” ini adalah media perantara melalui apa user bisa menemukan website mu. Misalnya jika mereka menemukan website mu melalui Google, maka akan tertulis Google seperti tampilan dibawah ini

13. Lalu pada bagian “MEDIUM”, ini adalah bagaimana cara orang bisa menemukan website mu. Jika mereka menemukan website mu melalui pencarian organik, maka akan tertampil tulisan “ORGANIC”. Atau jika mereka menemukan mu melalui google ads, maka akan tertampil tulisan “CPC”, misalnya

14. Kemudian pada bagian ini, ini adalah data – data traffic yang bisa kamu analisa secara lebih lanjut

Itula cara mengecheck sumber traffic visitor setiap page di website mu. Jika kamu ingin juga belajar melalui video, kamu bisa menontonnya pada video di bawah ini

VIDEO: Cara Mengecheck Sumber Visitor Per-Page di Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *