Digital Marketing

Jenis-Jenis Backlink Yang Powerful Untuk SEO & Strateginya

Jenis-Jenis Backlink & Strategi Backlink
www.tk-digital.id

Jenis-Jenis Backlink & Strategi Backlink Untuk Meningkatkan Performa SEO Website Kamu —- Nah temen – temen digital marketers, kali ini akan membahas tentang backlink. Apa itu backlink? Backlink adalah pranala balik terhadap website kita dalam bentuk link yang didapatkan dari website orang lain / website luar. Istilah backlink juga biasa disebut sebagai inbound link atau inlink. Tujuan dari penggunaan backlink adalah meningkatkan kualitas website sehingga SEO nya pun bisa meningkat.

Jenis-Jenis Backlink Untuk Meningkatkan Performa SEO Kamu

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan jenis-jenis backlink. Ada apa sajakah itu?

1. Jenis Backlink Link Profile

Link profile backlink adalah jenis backlink berbentuk profile link yang bisa kamu masukkan ke About Me, Behance, dan lain sebagainya.

2. Jenis Backlink Blog Comment

Jenis backlink ini ialah dengan memasukkan link website kamu pada kolom comment di blog atau website orang lain.

3. Jenis Backlink Contextual

Backlink ini adalah jenis backlink yang dimasukkan pada postingan artikel / konten pada sebuah website atau blog orang lain yang mengarah ke website mu.

4. Jenis Backlink Document Sharing

Dalam melakukan backlink melalui document sharing, kamu bisa memasukkan link website ke dalam dokumen – dokumen online seperti Google Docs

5. Jenis Backlink Social Media

Kamu bisa memasukkan backlink di platform social media – social media seperti profile, comment, post, dan lain sebagainya. Untuk jenis backlink ini, akan semakin baik jika kamu memasukkannya ke social media / platform yang merupakan Google Partner seperti youtube.

6. Jenis Backlink Social Bookmark

Teknik backlink ini adalah dengan memasukkan link website mu ke dalam website – website yang berjenis social bookmarking.

Strategi Menulis Backlink

Dalam menulis backlink yang akan mengarah ke website kamu atau halaman tertentu pada website kamu, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan. Yuk akan dijelaskan.

1. Strategi Backlink “KEYWORD”

Backlink dalam bentuk keyword ini adalah menaruh link pada kata sesuai dengan keyword yang kamu targetkan. Contohnya jika website mu adalah website yang membahas tentang ilmu – ilmu atau materi digital marketing, kamu bisa menggunakan keyword “belajar digital marketing” dan masukkan link website mu pada kata tersebut.

2. Strategi Backlink “URL NAKED”

Backlink dalam bentuk URL NAKED ini adalah kamu hanya tinggal menuliskannya dengan link website mu, kemudian masukkan link website mu. Contohnya, silakan klik —> www.tk-digital.id

3. Strategi Backlink yang UMUM atau GENERAL

Backlink dalam bentuk tulisan yang umum / general ini adalah backlink yang ditulis dengan kata – kata umum seperti “klik di sini”, “baca di sini”, “show more”, “read more”, “baca selanjutnya”, “baca selengkapnya”, dan lain sebagainya dengan memasukkan link website mu di sana.

4. Strategi Backlink “BRAND”

Strategi yang dimaksud dalam penulisan backlink pada point 4 ini adalah dengan menuliskan BRAND mu (bukan keyword, langsung brand nya saja). Contoh, kamu tulis TK Digital dan masukkan link website mu di sana. Contoh —-> TK Digital <—- silakan klik

Perhatikan Penggunaan “Tiered Backlink”

Tiered backlink juga patut dimasukkan ke dalam salah satu strategi backlink mu. Ini adalah salah satu strategi link building. Caranya bagaimana? Misalnya, dari website A kamu memasukkan backlink ke website B. Dari website B, kamu memasukkan backlink ke website C. Dari website C, masukkan link ke website mu. Nah, dalam strategi tiered backlink ini, tidak boleh muter – muter urutan tier nya dari tier 1 sampai akhir. Misal dari A ke B ke C, harus begitu. Tidak boleh dari A ke B kemudian kembali ke A lagi.

Tips Khusus Dalam Membuat Backlink

Tips khusus dalam membuat backlink yang perlu kamu ketahui adalah, ending link nya boleh sama semua, tapi strategi penulisan backlink nya sebaiknya berbeda – beda, jangan disamakan semua. Apakah mau pakai strategi penulisan backlink keyword, URL naked, umum / general, apakah menggunakan brand. Dan saat membuat backlink / memasukkan link, masukkan link yang sesuai dari website (breadcrumbs) aslinya [pelajari apa itu breadcrumbs website dengan klik di sini]. Agar tidak salah, copy paste langsung saja dari website aslinya agar breadcrumbs yang ditulis sesuai dengan apa yang dari di website aslinya. INGAT JUGA, BACKLINK YANG BAIK IALAH BACKLINK YANG HALAMANNYA TERDAPAT KONTEN, tidak kosongan saja (hanya khusus backlink).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *