Digital Marketing

Cara Menghubungkan Google Analytics Ke Google Search Console

How to Increase Your Traffic by 28% Using Google Search Console
Sumber Gambar: www.neilpatel.com

Cara Menghubungkan Google Analytics Ke Google Search Console —- Hi temen – temen digital marketers, sekarang akan di share-kan bagaimana cara menghubungkan Google Analytics ke Google Search Console nih. Menghubungkan kedua tools ini jelas memiliki banyak manfaat bagi analisis SEO (Search Engine Optimization) kamu nanti nya. Bukan hanya SEO saja, tapi kamu juga bisa menganalisa dari channel – channel berbayar seperti google ads, atau channel lain seperti social media.

Manfaat Menghubungkan Analytics dengan Search Console

Menghubungkan Google Analytics ke Google Search Console tentunya memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat – manfat tersebut?

1. Bisa mempercepat peng – indeks – an page / halaman website ke Google

2. Data visitor yang mengunjungi website berdasarkan keyword – keyword tertentu juga terbaca di Google Analytics sehingga data di analytics lebih lengkap

3. Mengidentifikasi landing page yang memiliki CTR (clickthrough rate) bagus tapi memiliki posisi yang rendah pada hasil pencarian search engine

4. Mengidentifikasi keyword – keyword (queries) yang memiliki posisi yang oke pada hasil pencarian search engine, namun memiliki CTR yang jelek. Itu adalah keyword – keyword yang mampu meng-attrack user sehingga kamu bisa consider untuk memperbaiki content mu agar mendatangkan lebih banyak visitor

Cara Konfigurasi Google Search Console dengan Google Analytics

Nah sekarang, kita masuk ke pembahasan cara konfigurasi Google Analytics ke Google Search console.
*PASTIKAN KAMU SUDAH SEBAGAI ADMINISTRATOR DI GOOGLE ADS, karena hanya administrator yang bisa melakukan konfigurasi ini

1. LOG IN KE ACCOUNT GOOGLE ANALYTICS KAMU DI : analytics.google.com

2. SAAT LOG IN KE HOME / DASHBOARD, KLIK DI BAGIAN “SEARCH CONSOLE”

cara konfigurasi search console ke google analytics

3. KEMUDIAN, KLIK PADA BAGIAN “LANDING PAGES”

Cara Sambungkan Google Search Console ke Analytics

4. SETELAH ITU, KLIK PADA BAGIAN “SET UP SEARCH CONSOLE DATA SHARING”

Cara Menghubungkan Google Search Console ke Analytics

5. MASUKKAN LINK / URL WEBSITE KAMU

6. SCROLL KE BAWAH, AKAN TAMPIL BAGIAN SEPERTI INI

7. SCROLL KE BAWAH LAGI, KEMUDIAN “ADD”

8. PILIH DOMAIN WEBSITE MU, KEMUDIAN KLIK “OK” DALAM ‘ADD A SITE TO SEARCH CONSOLE’

9. GOOGLE ANALYTICS MU PUN AKAN TER – CONNECT DENGAN GOOGLE SEARCH CONSOLE

9. KEDUA TOOLS TERSEBUT (GOOGLE SEARCH CONSOLE DAN GOOGLE ANALYTICS) PUN SUDAH SALING TER – KONFIGURASI. KLIK “SAVE”

Kedua Tools Tersebut Pun Sudah Saling Ter – Konfigurasi

Kedua tools tersebut, Google Analytics dan Google Search Console sekarang sudah saling ter – konfigurasi. Kamu bisa memanfaatkan kelengkapan data kedua tools tersebut untuk menganalisa result dari digital marketing strategy mu, dan kamu bisa menyusun strategi digital marketing selanjutnya dengan lebih “data driven”. Jika kamu ingin belajar melalui video, kamu bisa tonton video berikut ini:

VIDEO: Cara Konfigurasi Google Analytics ke Google Search Console

Perbedaan Google Analytics dan Google Search Console

1. Google Analytics : menghasilkan data – data visitor baik dari media organik (google search / pencarian google) ataupun media lainnya seperti social media, atau referral lain. Data – data visitor juga bisa terbaca dari paid media (media berbayar) seperti iklan facebook ads, iklan instagram ads, iklan youtube ads, atau iklan google ads.

2. Google Search Console : menghasilkan data – data visitor hanya dari media pencarian organik di web search.

*Read More to Related Articles:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *