Business / MarketingDigital Marketing

Strategi Marketing Jouska Dalam 4 Step, Tiru/Jangan?

Strategi Marketing Jouska -- Buat temen - temen yang berkecimpung di dunia digital marketing, pasti suka penasaran sama perusahaan yang strategi digital marketing nya berhasil banget, nih. Kayak ada perasaan, "wah gila, keren banget dia!", "wah gila, content nya nendang abis!", atau "wah gila, keren banget how their company drives traffic into their social medias / website". Selalu ada rasa penasaran untuk ngulik strategi digital marketing company - company yang sangat berhasil di dunia internet untuk kita pelajari. Kali ini, mari kita coba sharing - kan mengenai: JOUSKA. Ya, JOUSKA merupakan perusahaan financial advisor yang kita semua sama - sama tahu sedang dirundung 'kasus'.

Tapi, kita tidak akan sharing mengenai kasusnya karena kita tidak ahli di bidang tersebut, tidak mempelajari hal tersebut, dan bagaimana pun juga account social media Jouska telah memberi banyak manfaat dan edukasi bagi masyarakat. (jadi, ambil baiknya dan jangan tiru buruknya). Selain itu, semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan, baik itu besar maupun kecil. Tinggal bagaimana hukuman terhadap kesalahan tersebut, dan bagaimana manusia memperbaiki kesalahannya tersebut. Okey, then back to marketing topic. Kita harus mengakui bahwa Jouska sangat hebat dalam sisi marketing, terutama konten - kontennya di instagram. Akui saja, betul kan? Banyak yang terbius dengan konten - kontennya yang benar - benar relate dan sangat menyentuh sisi kehidupan kita sehari - hari, terutama dari sisi keuangan / financial. Apa artinya ini? Berarti strategi marketing Jouska telah SUKSES MENYENTUH PSIKOLOGIS PARA CALON KONSUMENNYA. Bagaimanakah strategi menyentuh psikologis calon konsumen kita?

Pemahaman Dasar Psikologi Marketing

rahasia strategi marketing jouska
SUMBER GAMBAR LOGO JOUSKA: tirto.id

Pada dasarnya, manusia membeli berdasarkan logika atau bisa juga dengan emosi. Contoh pembelian berdasarkan logika adalah jika mereka membeli barang sesuai fitur, kebutuhan, atau kelebihan barang tersebut yang bisa memenuhi needs mereka. Sedangkan jika mereka membeli sesuai emosi, jelas mereka hanya 'terbawa perasaan' saja.

Strategi Marketing Jouska Mulai Masuk Ke Market

>> Step Pertama

Nah, tipe konsumen yang bisa terbawa perasaan seperti itulah, STEP PERTAMA ADALAH saatnya kamu harus bisa masuk ke psikologis mereka dengan tepat! :p. Jouska bisa menembus sisi psikologis konsumen berdasarkan sisi urgensi, yaitu mengetahui kebutuhan konsumen yang urgent yang tanpa mereka sadari (atau sadar) harus mereka lakukan tapi tidak tahu bagaimana caranya, yaitu cara mengelola uang yang benar agar masa depan financial mereka 'terselamatkan'. Mereka menyasar kaum millenial muda yang masih minim ilmu dan literasi mengenai ilmu keuangan, dengan memberikan ilmu - ilmu keuangan melalui konten social media mereka.

>> Step Kedua

MASUK KE STEP KEDUA, kamu harus bisa menganalisa masalah mereka. Masalah dari para millenial tersebut adalah uang yang sering bocor halus, tidak tahu habis kemana, dan lain sebagainya.

rahasia strategi marketing jouska

Sudahkah kamu tahu kenapa uang para millenial tersebut sering bocor halus, dan tidak tahu arahnya kemana? Pasti, sebenarnya kamu sudah sadar. Atau pura - pura tidak sadar. Yak, nongkrong - nongkrong, kebutuhan hidup yang semakin hari semakin kian tinggi, tuntutan membantu keluarga, suka jajan jajanan kekinian yang banyak tanpa terkontrol, dan lain sebagainya. Entah sadar atau tidak, tapi kebanyakan memang begitu. Eits, TAPI DALAM STEP KEDUA INI, KAMU JANGAN JUDGE MASALAH MEREKA. Jangan bilang mereka terlalu boros atau tak tahu cara mengatur uang. Tapi, 'serang' psikologis mereka dengan HALUS. Ungkapkan bahwa mereka TIDAK TELITI DALAM MENCATAT KEUANGAN MEREKA, atau sebagainya. Ingat yah, jangan sampai men - judge. Karena kalau calon konsumen mu tidak terima dengan judge dari kamu, bisa - bisa mereka tidak tertarik dan tidak mau percaya dengan kamu. Jangankan mau tertarik, bisa - bisa mereka sudah sebal duluan dengan kamu di awal.

>> Step Ketiga

STEP KETIGA, SAAT KAMU SUDAH TAHU APA MASALAH MEREKA, TAWARKAN SOLUSI. Solusi yang ditawarkan Jouska adalah: mereka harus tahu cara mengelola keuangan mereka, mereka harus tahu cara merencanakan keuangan mereka dengan benar. Di sinilah Jouska masuk ke market, sebagai pihak yang membantu mereka untuk merencanakan keuangan agar mereka mampu mengelola keadaan keuangan mereka dengan benar. DI STEP KETIGA INI, kamu harus tahu apa yang menjadi ketakutan terbesar dalam masalah mereka. Tidak tahu cara merencanakan keuangan = mereka takut memiliki keuangan yang buruk di masa yang akan datang. Yak, Jouska punya kuncinya. RASA TAKUT MEREKA.

>> Step Keempat

Setelah punya kunci nya, yaitu rasa takut, kamu bisa saja masuk ke market berpegangan pada kunci tersebut. Jouska sangat halus dalam mempermainkan rasa takut calon konsumennya melalui social media, melalui study case - study case yang mereka ungkapkan. Misalnya seperti, pengeluaran X yang sangat mahal sehingga uang mu tidak akan cukup di masa depan nantinya, gaji boncos karena boros, dan konten - konten seperti itu yang berhasil membuat pembacanya merasa TAKUT jika tidak memiliki perencanaan keuangan dengan tepat. Kena deh, tepat banget masuk ke sisi psikologis mereka. Ingat ya, masuk ke perasaan konsumen dengan HALUS dan TANPA NGE - JUDGE, untuk mengambil hati mereka.

STRATEGI MARKETING JOUSKA TERSEBUT TERDENGAR MUDAH UNTUK DI IMPLEMENTASIKAN, JADI LEBIH BAIK KITA TIRU ATAU JANGAN???

Sepertinya, formula strategi marketing Jouska itu terdengar mudah disusun, jadi lebih baik strategi marketing Jouska tersebut kita tiru atau jangan? Eits... Tunggu dulu, jangan berpikir begitu. STRATEGI TERSEBUT BERHASIL KARENA SESUAI DENGAN TARGET DEMOGRAFI MARKET NYA. COBA KAMU PIKIRKAN DULU, JIKA KAMU PUNYA TARGET DEMOGRAFI MARKET YANG BERBEDA, APAKAH BISA BERHASIL? BELUM TENTU DONK YAH... :P. Semua pengusaha, atau eksekutif pemasaran perusahaan, atau karyawan yang berperan mengambil keputusan besar untuk perusahaan, pasti sepakat menemukan formula digital marketing yang tepat bagi company mereka bukan lah hal yang mudah. Siapa yang bilang, menyusun strategi digital marketing seperti itu gampang? Company yang sukses menemukan strategi digital marketing TERBAIK bagi mereka pastilah sudah melewati berbagai uji coba, trial dan error, serta A / B testing untuk menemukan strategi mana yang paling berhasil dan works secara continue bagi mereka.

Tentu, itu bukan proses yang mudah dan butuh perjalanan. Serta, rasanya agak tidak mungkin jika dilakukan sendirian. Mungkin saja sih, bukannya tidak bisa, tapi sepertinya akan terasa lebih mudah jika dilakukan dengan kerja tim dengan berbagai macam pola pikir dan pendapat. Berbagai macam pendapat, point of view, dan role / peran dari setiap individu dalam sebuah tim akan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan jangka panjang dengan visi dan misi yang sama.

TAMBAHAN UNTUK MEN - SUPPORT STRATEGI DIGITAL MARKETING

Tentu, semua orang yang bekerja dengan tim digital marketing tentu sepakat bahwa konsep / planning saja tidak cukup. Butuh banyak support yang juga perlu dipikirkan secara matang dalam proses eksekusi - nya agar mampu men - support konsep perencanaan digital marketing dengan baik, apalagi jika kita ingin menyentuh konsumen dari sisi psikologisnya. Apa saja sih support yang diperlukan untuk menyempurnakan plan strategi digital marketing kita pada umumnya?

>> Content Marketing

Untuk meng - implementasikan plan strategi digital marketing, tentu dibutuhkan content marketing yang terdiri dari content writing dan copy writing. Konten dibutuhkan untuk menciptakan cerita yang tepat, agar company mampu men - deliver nilai - nilai dari produk / jasa mereka kepada calon konsumen, sehingga mampu menargetkan calon konsumen yang tepat. Ada banyak teknik konten yang bisa kita gunakan, misalnya dengan story telling, micro blogging, atau study case (studi kasus) yang marak terjadi di masyarakat. Tapi ingat yah, teknik - teknik tersebut (story telling, micro blogging, study case) harus yang sesuai dengan bisnis / company kamu agar bisa menyasar segmen yang tepat. Jika kamu menjual pembersih mobil, tentu konten mu bisa seputar cerita cara membersihkan mobil yang benar, apa akibat buruk jika mobil tidak dibersihkan dengan benar, dan lain - lain sebagainya. Jika kamu bingung bagaimana cara mencari ide konten, kamu bisa belajar di link berikut: cara riset konten dengan Google Trends. (Baca juga: Tools Untuk Riset Konten)

>> Desain Grafis

Desain grafis (graphic design) adalah salah satu media kreatif yang sangat support untuk pemasaran digital. Teknik membuat tulisan / font di dalm sebuah desain, warna desain, serta ilustrasi desain biasanya disusun dan di konsep - kan sedemikian rupa agar mampu menyentuh emosi audience / calon konsumen.

>> Video Marketing

Dengan video marketing, kamu bisa saja melakukan teknik soft selling atau hard selling. Itu terserah kamu, mana yang lebih tepat untuk kamu. Kamu bisa menggunakan media ini untuk menyasar calon konsumen yang lebih menyukai media audio visual daripada media visual saja.

Yaaah, kurang lebih seperti itulah teknik - teknik content marketing yang bisa kamu lakukan. Ingat yah, setiap target demografi market bisa saja memerlukan teknik strategi marketing yang berbeda. Butuh analisa dan kesabaran mendalam untuk menemukan formula yang tepat untuk jualan kamu. Semangat dan sukses selalu 🙂 😀

VIDEO: Belajar Dasar - Dasar Pemasaran Online (Khususnya Di Website)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *