Digital Marketing

Cara Riset Konten Marketing Menggunakan Google Trends

Untuk temen – temen yang biasa berkecimpung di dunia digital marketing, pasti kadang suka buntu dong dalam me – riset content marketing apa yang harus dibahas. Atau selain konten, kamu juga ingin tahu produk apa saja yang banyak di bahas di pasaran (di media digital). Jika bingung bagaimana caranya, kamu bisa menggunakan tool gratis dari google bernama Google Trends.

Apa itu Google Trends

Google Trends adalah tool gratis dari Google yang digunakan untuk mencari mengenai informasi apa saja yang sedang ramai dibahas di media digital. Selain bisa digunakan untuk mencari bahan topik konten, kamu juga bisa riset produk. Bagaimana sih cara menggunakannya? Yuk langsung saja kita bahas di artikel kali ini.

Cara Menggunakan Google Trends

Yap, ini lah cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan Google Trends.

1. Kunjungi Google Trends di: trends.google.com

2. Kemudian, ketikkan topik yang ingin kamu riset – kan disini. Misalnya, topik mengenai DIGITAL MARKETING, kemudian tekan ENTER

3. Kamu bisa memilih lokasi (demografi) area dimana yang membahas mengenai topik tersebut

4. Kamu juga bisa memilih rentang waktu pembahasan, contohnya di sini dipilih 30 HARI TERAKHIR

5. Kamu bisa scroll ke bawah

6. Akan terlihar daerah – daerah di mana – mana saja yang banyak membahas digital marketing (topik konten / produk yang ingin kamu riset – kan tadi). Jika kamu ingin berjualan menggunakan Google Ads, hasil riset ini juga bisa membantu targetting – mu!

7. Kamu bisa scroll ke bawah lagi

8. Nah, di bagian ini, akan muncul topik – topik konten mengenai digital marketing (mengenai topik yang ingin kamu riset)

Kamu bisa lihat ada iklan, konsultan, strategi, bisnis kecil, strategi pemasaran, digital marketing adalah… Itu adalah topik yang bisa kamu angkat sebagai topik konten mu.

Google Trends for Digital Marketing

Sekarang sudah paham kan tentang cara memakai google trends untuk riset digital marketing? Kamu bisa terapkan ke kantor / produk mu sendiri yah :D. Selain bisa untuk melihat konten apa saja yang banyak dibicara – kan orang di internet, kamu juga bisa me – riset produk apa saja yang banyak dicari masyarakat di internet, sehingga kamu bisa lebih mudah menentukan ingin menjual apa.

VIDEO: Cara Riset Konten Dengan Menggunakan Google Trends

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *