Finance / Investment

Cara Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana | UKM

Buat temen - temen yang ingin memulai bisnis tapi belum tahu bagaimana cara SIMPLE membuat laporan keuangannya, tenang aja nih temen - temen akan dijabarkan bagaimana cara membua laporan keuangan sederhana untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Pertama - tama, temen - temen harus paham dulu jika berdasarkan prinsip penandingan, pencatatan laporan keuangan oleh akuntan itu terdiri dari:

Cara Menulis Laporan Keuangan UKM Sederhana | UKM

1. CASH BASIS

Yaitu dilaporkan dalam laba rugi saat uang kas diterima (pendapatan) / dibayarkan (beban)

2. ACCRUAL BASIS

Dilaporkan dalam laba rugi saat pendapatan / beban terjadi

Nah, terserah temen - temen yah mau pakai yang mana. Yuk, sekarang kita masuk ke pembuatan laporan keuangan sederhana untuk UKM.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM

1. Laporan Laba Rugi

LAPORAN LABA RUGI (INCOME STATEMENT) - adalah laporan yang memuat hasil LABA perusahaan (laba bersih atau rugi). Caranya gampang banget nih temen - temen, dengan menulis pendapatan yang kamu dapatkan dikurangi dengan biaya beban - beban (biaya operasional yang terpakai untuk aktivitas perusahaan. Misalnya seperti ini:

Misalnya pendapatan kamu bulan ini Rp 10.000.000, kemudian dikurangi dengan biaya - biaya beban yang terpakai untuk operasional perusahaan, maka didapat hasil LABA BERSIH, yang merupakan KEUNTUNGAN BERSIH dari bisnis mu.

2. Laporan Ekuitas

LAPORAN EKUITAS (STATEMENT OF OWNER'S EQUITY) - merupakan laporan keuangan yang memuat ekuitas / hak pemilik dana. Yaitu dengan menambahkan modal awal dengan laba bersih yang telah didapat tadi. Ingat yah, laba bersih yang telah didapat di awal tadi adalah Rp 8.400.000:

Kemudian, kita susun laporan ekuitas nya yaitu dengan modal awal + laba bersih:

3. Neraca

NERACA (BALANCE SHEET) - adalah laporan yang memuat aset, kewajiban (liability), dan modal (equity) perusahaan pada waktu tertentu dimana dari laporan ini kita bisa mengetahui kondisi aset (AKTIVA), kewajiban (PASIVA), dan modal perusahaan (PASIVA) yang bisa kita gunakan untuk analisa kondisi perusahaan. Dimana AKTIVA dan PASIVA jumlahnya harus sama (seimbang, yaitu AKTIVA = PASIVA (KEWAJIBAN + MODAL). Cara menyusunnya seperti ini:

Yak, itulah cara membuat laporan keuangan UKM sederhana mudah 😀 semoga membantu yah

VIDEO: Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UKM
PART 1: Laporan Laba Rugi (Income Statement), Laporan Ekuitas Pemilik (Statemenf of Owner's Equity)
PART 2: Laporan Laba Rugi (Income Statement), Laporan Ekuitas Pemilik (Statemenf of Owner's Equity), dan Neraca (Balance Sheet / Statemenf of Financial Position)

[/pl_text]
[/pl_col]
[/pl_row]

2 thoughts on “Cara Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana | UKM

  1. Youre so cool! I dont suppose Ive read something like this before. So good to find anyone with some original thoughts on this subject. realy thank you for starting this up. this website is one thing that is needed on the net, somebody with somewhat originality. helpful job for bringing something new to the internet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *